pcos
Kesehatan

Yuk Ketahui Pola Hidup Sehat untuk Penderita PCOS

PCOS atau polycystic ovarian syndrome adalah gangguan hormonal yang terjadi pada wanita. Kondisi ini menyebabkan menstruasi pada wanita tidak teratur, tumbuh rambut yang berlebihan dan munculnya jerawat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa 50% dari orang dengan PCOS juga mengalami kekurangan berat badan atau bahkan obesitas. Kadar insulin yang tidak normal menimbulkan resiko resistensi insulin dan produksi hormon berlebih.

Jika tidak ditangani secara benar PCOS dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga kanker rahim. Untuk mencegah hal tersebut PCOS dapat di control dengan menekan makanan yang bergizi dan mengontrol kadar insulin. Salah satunya dengan diet PCOS.

Apa saja rekomendasi makanan untuk pengidap PCOS dan makanan yang harus dihindari ?

Makanan yang Direkomendasikan

Berikut adalah makanan yang direkomendasikan untuk diet PCOS pertama makanan yang terbuat dari bahan alami bukan dari makanan olahan.  Kedua adalah makanan tinggi serat. Ketiga ikan berlemak tak jenuh seperti salmon, tuna, sarden. Keempat sayuran seperti kangkung, bayam, atau sayuran hijau lainnya. Terakhir adalah buah-buahan seperti anggur merah, blueberry, atau blackberry.

Makanan yang Dilarang

Beberapa makanan yang dilarang untuk penderita PCOS dikonsumsi penderita PCOS adalah Roti, kue manis seperti muffin, dessert, mie intan, pasta, daging olahan (sosis, nugget, dll) dan gula buatan atau soda.

Selain itu sebenarnya diet seperti apa yang bisa dilakukan penderita PCOS?

Mengurangi Asupan Karbohidrat

Obesitas adalah gejala umum penderita PCOS. Mengurangi karbohidrat adalah jalan terbaik untuk mengatasi gejala ini. Asupan protein dan lemak sehat dapat menurubkan kadar gula darah, sehingga kadar insulin darah tetap stabil.

Makan-Makanan dengan indeks glikemik rendah

Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak meningkatkan kadar gula darah  dengan cepat, yang juga dapat memicu resistensi insulin. Lebih jelasnya, bisa diakses di https://sirka.io/blog/2022/06/17/diet-pcos-bagaimana-pengaturan-makan-untuk-penderita-pcos/

Perbanyak Porsi Sarapan

Diet teratur diperlukan untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh. Terjadi penurunan resistensi insulin dan sekresi testosteron berlebih pada wanita dengan diet teratur dan porsi sarapan yang lebih signifikan.

Karena PCOS umumnya menyerang wanita, jadi ladies pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang dilarang untuk penderita PCOS. Nah dalam hal ini, Sirka.io yang menyajikan berbagai informasi kesehatan penting bisa jadi jawaban permasalahan diet, berat badan dan pola makan ladies untuk jangka panjang.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.