Penyebab Haid Tidak Lancar
Kesehatan Review

Siklus Haid Kacau, Simak Penyebab Haid Tidak Lancar yang Wajib Diwaspadai

Wanita mengalami siklus haid yang berbeda-beda dan hal ini cukup wajar jika jatuh di tanggal yang berbeda namun tetap rutin terjadi. Tetapi ada sebagian wanita yang mengalami menstruasi dengan siklus yang kacau atau tidak rutin setiap bulan.

Penyebab haid tidak lancar, bisa karena banyak hal. Sementara Anda harus tahu bahwa siklus haid yang normal akan berlangsung di 25 sampai 38 hari. Jika lebih dari itu, maka menstruasi masuk ke kategori tidak teratur.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Untuk yang kerap mengalami siklus haid tidak lancar, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin terjadi.

Stres

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah karena Anda mengalami stress. Seseorang yang mengalami stress cenderung kadar hormon kortisolnya meningkat. Dengan begitu, maka secara otomatis bisa mempengaruhi produksi hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi.

Hal ini juga akan berpengaruh pada proses pelepasan sel telur yang tidak normal dan mengganggu siklus menstruasi.

Perubahan Berat Badan

Perubahan berat badan seperti apa yang akan membuat siklus menstruasi jadi kacau? Perubahan berat badan yang cenderung drastis apakah itu berkurang atau naik dapat mempengaruhi kerja hormon reproduksi. Penurunan berat badan yang terlalu berlebihan dapat membuat tubuh sulit memproduksi hormon estrogen cukup untuk proses ovulasi.

Sementara itu, ketika mengalami penambahan berat badan yang melonjak tinggi kadar estrogen juga berpengaruh pada siklus menstruasi.

Fase Menopause

Fase menopause dialami oleh para wanita yang mulai lanjut usia di umur 40 tahun. Meskipun bisa saja para wanita mendapatkan periode menopause lebih awal, namun perlu diketahui bahwa fase ini dialami selama 4 sampai 8 tahun.

Ketika fase menopause terjadi maka bisa saja mempengaruhi perubahan menstruasi. Hal ini karena kadar estrogen di dalam tubuh yang sudah tidak menentu. Untuk menghadapi fase ini, diperlukan pola hidup sehat secara konsisten untuk menjaga kesehatan tubuh yang akhirnya berpengaruh pada lancarnya haid.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi memang cukup baik untuk menunda kehamilan namun beberapa pilihan alat kontrasepsi seperti pil KB dan KB spiral justru menyebabkan haid tidak teratur. Bahkan resiko ini cukup tinggi pada sebagian wanita.

Jadi pastikan cari tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan penggunaan alat kontrasepsi. Karena untuk beberapa pilihan alat kontrasepsi bisa membuat siklus menstruasi jadi kacau dan mengganggu kestabilan hormon reproduksi.

Alami PCOS

Yang terakhir, penyebab haid tidak lancar juga bisa disebabkan karena seorang wanita mengidap PCOS. PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan reproduksi karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Wanita dengan PCOS akan memiliki kadar hormon seks, baik estrogen maupun progesteron yang tidak seimbang.

Itu tadi beberapa penyebab haid tidak lancar yang bisa saja terjadi pada sebagian wanita. Jika Anda adalah salah satu yang mengalami siklus menstruasi kacau dan terjadi terus-menerus, maka sebaiknya periksa ke dokter juga untuk mendapatkan kepastian.

Karena ketika pengecekan ke dokter Anda akan diperiksa lalu didiagnosa dan jika mengalami permasalahan yang menyebabkan haid tidak lancar bisa langsung ditindaklanjuti. Ketika sedang alami menstruasi, setiap wanita juga penting memilih pembalut yang tepat untuk dipakai. Saat ini pilihan pembalut berkualitas dengan penggunaan bahan yang aman, bisa Anda temukan dari merek Charm. Salah satu merek pembalut ini punya banyak pilihan jenis pembalut yang bisa Anda coba sesuai kebutuhan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.