cara menggunakan asuransi kesehatan di luar negeri
Kesehatan Review TipsTorial

Ini Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan di Luar Negeri

Liburan keluarga ke luar negeri bisa menjadi pengalaman yang berharga dengan berbagai alasan. Pertama, liburan ke luar negeri bersama keluarga dapat memberikan kesempatan untuk terlibat langsung dengan budaya negeri lain yang berbeda. Kedua, dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang tidak ternilai.

Ketiga, dengan liburan ini merupakan kesempatan untuk keluarga menghabiskan waktu berkualitas bersama. Namun, karena pergi ke negeri orang pasti ada saja hambatan. Salah satu kesehatan, maka jangan lupa kantongi asuransi kesehatan keluarga, jangan sampai tertinggal.

Kenapa kesehatan? Karena Anda dan keluarga akan dihadapkan dengan capek perjalanan atau jetlag ketika pergi ke negeri yang memiliki perbedaan waktu yang cukup jauh, kemudian perbedaan cuaca hingga makanan.

Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga. Jika sampai terjadi, mau tidak mau Anda harus pergi ke layanan kesehatan terdekat. Mungkin tidak semudah yang dibanyangkan, karena bisa saja biaya pengobatan bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia.

Bisakah Asuransi Kesehatan di Indonesia Bisa Digunakan di Luar Negeri?

Mengutip dari laman hellosehat.com, saat ini sudah banyak perusahaan asuransi swasta nasional memberikan pelayanan kesehatan hingga ke luar negeri. Terlebih lagi bagi perusahaan asuransi swasta internasional, yang biasanya sudah memiliki rekanan layanan kesehatan yang lebih luas dan akses pengobatan ke luar negeri tentu akan lebih dipermudah.

Jadi, jawaban dari pertanyaan bisa atau tidaknya, semua tergantung dari asuransi yang Anda miliki saat ini. Maka penting untuk menanyakan kepada pihak asuransi atau agen tentang ketersediaan layanan tersebut sebelum melakukan perjalanan.

Jika jawabannya tidak bisa, maka Anda harus menyiapkan dana darurat liburan yang bisa digunakan salah satunya untuk pengobatan dan perawatan selama liburan.

Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan di Luar Negeri

Menggunakan asuransi kesehatan di luar negeri melibatkan beberapa langkah dan pertimbangan tertentu. Sebelum berangkat, pastikan untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan polis asuransi kesehatan Anda.

Pahami cakupan, batasan, dan prosedur klaim di luar negeri. Hubungi perusahaan asuransi Anda untuk memperoleh informasi terkait asuransi kesehatan di luar negeri. Tanyakan apakah ada prosedur khusus yang perlu Anda ikuti.

Perhatikan beberapa cara berikut:

  • Cek dan cari informasi negara mana saja yang menjadi jangakuan asuransi kesehatan internasional.
  • Setelah mengetahui negara tujuan, cara tahu daftar rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi. Cocokkan dengan tempat Anda menginap selama liburan. Agar jika membutuhkan pengobatan darurat, bisa segera tahu tujuan Anda akan kemana.
  • Menyiapkan dokumen lengkap sebagai syarat dan ketentuan yang berlaku pada negara tersebut. Minta pada perusahaan asuransi untuk membuatkan kartu asuransi internasional.
  • Pilih sistem pembayaran cashless karena akan lebih mudah melakukan pengobatan tanpa mengeluarkan biaya pribadi. Hanya dengan menunjukan kartu keanggotaan asurasni pada pihak rumah sakit rekanan.

Selain itu, Anda perlu memahami bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda, jadi pastikan untuk berkomunikasi dengan mereka secara langsung dan mendapatkan informasi yang diperlukan sebelum Anda bepergian ke luar negeri.

List Blog Keren Rajabacklink

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan