tugas dan syarat menjadi AVSEC
Info Menarik Review

Ketahui Tugas Utama dan Syarat Menjadi Aviation Security

Aviation security atau AVSEC adalah salah satu aspek penting dalam industri penerbangan yang bertujuan untuk melindungi keamanan dan keselamatan penerbangan, penumpang, serta personel pesawat.

Tugas utama dari seorang aviation security adalah menjaga keamanan serta mencegah terjadinya berbagai ancaman terhadap penerbangan. Dalam melaksanakan tugasnya, seorang aviation security harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang menjadi standar dalam industri ini.

Nah, artikel kali ini akan membahas apa saja tugas seorang AVSEC dan persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat lolos menjadi AVSEC. Simak ulasannya sampai tuntas, ya!

Tugas Utama Seorang Aviation Security

Berikut adalah beberapa tugas utama dari seorang aviation security, antara lain:

Pemeriksaan Keamanan

Salah satu tugas utama seorang aviation security adalah melakukan pemeriksaan keamanan di bandara sebelum penumpang masuk ke dalam area keberangkatan. Ini mencakup pemeriksaan barang bawaan, pemeriksaan tubuh, dan pemeriksaan dokumen identifikasi.

Pengawasan Area Keberangkatan

Aviation security bertanggung jawab untuk memastikan bahwa area keberangkatan aman dari berbagai ancaman.

Anggota AVSEC melakukan patroli dan pengawasan secara teratur untuk mengidentifikasi potensi ancaman dan mengambil tindakan preventif yang diperlukan.

Penanganan Darurat

Dalam situasi darurat atau ancaman keamanan, aviation security berperan dalam menangani situasi tersebut dengan cepat dan efektif. AVSEC dilatih untuk merespons berbagai situasi darurat seperti serangan teroris atau ancaman bom.

Kerjasama dengan Otoritas Keamanan

Sebagai bagian dari sistem keamanan yang lebih luas, aviation security bekerja sama dengan otoritas keamanan pemerintah dan agen penegak hukum lainnya untuk memastikan keamanan penerbangan secara keseluruhan.

Syarat Menjadi Aviation Security

Setelah mengetahui apa saja tugas seorang AVSEC, Anda juga perlu tahu berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi aviation security. Di antaranya:

  • Pendidikan dan Pelatihan: Sebagian besar perusahaan penerbangan membutuhkan setidaknya latar belakang pendidikan SMA atau setara. Namun, lebih banyak perusahaan akan memberikan preferensi kepada kandidat yang memiliki pendidikan lebih tinggi atau pelatihan khusus dalam keamanan penerbangan.
  • Keterampilan Komunikasi: Aviation security harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan penumpang dan personel bandara dengan efektif. Kemampuan berbahasa asing juga bisa menjadi keunggulan tambahan seorang AVSEC.
  • Kondisi Fisik dan Kesehatan: Karena tugasnya memerlukan aktivitas fisik yang cukup, seorang aviation security harus dalam kondisi fisik yang baik. Seorang AVSEC juga harus menjaga kesehatan mental dan emosional untuk dapat merespons dengan tepat dalam situasi darurat.
  • Kepatuhan dan Etika Profesional: Aviation security harus patuh pada aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan dan otoritas penerbangan. Selain itu, seorang AVSEC juga harus menjaga etika profesional dalam semua interaksi dengan penumpang dan personel lainnya.

Selain beberapa syarat di atas, seorang AVSEC juga harus memiliki skill dan kompetensi yang unggul. Hal ini meliputi:

  • Teliti dan selalu sigap dalam berbagai situasi.
  • Ramah dan sopan terhadap para penumpang.
  • Tegas dan punya disiplin yang tinggi.
  • Memiliki komunikasi yang baik.
  • Memiliki skill dasar kemampuan bela diri.

Demikianlah ulasan tentang tugas utama, syarat yang harus dipenuhi serta skill atau kompetensi yang wajib dimiliki seorang aviation security.

Bagi Anda yang ingin mengetahui syarat menjadi AVSEC yang lebih lengkap beserta tips-tips jitunya, silakan kunjungi laman carikerjaindonesia.com.

Selain AVSEC, situs ini juga membagikan berbagai artikel dan tips peluang karir di dunia penerbangan dan pariwisata lainnya. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan