Apa Itu GTM
Info Menarik Kesehatan

Apa Itu GTM yang Sering Terjadi Pada Balita

GTM adalah hal yang sering terjadi pada bayi, dimana ini merupakan reaksi anak yang terjadi secara alami ketika disuruh makan. Di mana anak akan bereaksi dengan gerakan tutup mulut saat waktunya makan tiba, sebagai reaksi menolak untuk makan. Adapun gerakan tutup mulut ini dialami oleh anak-anak di semua usia, bahkan balita juga bisa mengalaminya.

Apa Itu GTM

Sebagian anak yang mengalami gerakan tutup, biasanya hanya memilih makanan yang disukai saja untuk dimakan. Dan sebaliknya anak akan menolak makanan yang tidak sesuai dengan seleranya.

Namun ada juga kondisi di mana anak tidak ingin makan sama sekali bahkan saat diberi makanan favorit. Jika kondisi ini terjadi, maka Anda harus waspada karena mungkin saja terjadi masalah yang lebih serius seperti gangguan kesehatan atau gangguan penyakit.

Penyebab GTM

Adapun pada anak, GTM bisa disebabkan karena beberapa hal seperti berikut.

  • Terlalu pilih-pilih makanan, kebiasaan ini umumnya terjadi dan dapat memicu anak alami GTM. Anak akan menolak makanan lain yang diberikan jika tidak disukai. Tekstur makanan yang terasa asing pada balita akan membuatnya merasa tidak nyaman.
  • Takut mencoba makanan baru, penyebab GTM juga bisa terjadi karena anak cukup takut mencoba makanan baru atau disebut dengan istilah neophobia. Hal ini umum terjadi, karena anak menyadari bahwa makanan yang ada di depannya adalah makanan yang belum pernah dicoba.
  • Sudah kenyang, ini merupakan reaksi alami dari anak mengapa melakukan gerakan tutup mulut karena merasa perutnya sudah kenyang. Biasanya kenyang tersebut tidak hanya dari makanan tapi juga konsumsi susu ataupun camilan.

Untuk tips atasi GTM bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari membatasi gangguan saat makanan dengan tidak memberikannya tontonan smartphone ataupun dari televisi. Sehingga dengan begini, anak lebih fokus pada makanan dan bisa menghabiskan makanan tersebut.

Penting juga untuk memberikan makanan kepada anak dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Anda juga tidak boleh mengatur waktu makan dan tidur secara berdekatan. Ketika mengantuk, anak tidak tertarik oleh makanannya.

Untuk menghindari GTM Anda juga wajib membuat waktu yang nyaman bagi anak saat makan. Salah satunya dengan mendukung penggunaan popok sekali pakai yang punya keunggulan dengan daya serap yang tinggi dan juga anti iritasi.

Anda bisa memilih dari produk Merries yang  sudah teruji secara klinis dibuat dari bahan-bahan alami. Produk ini juga dibuat dengan teknologi canggih sehingga sudah pasti higienis. Informasi lebih lengkap bisa klik tautan berikut https://merries.co.id/.

List Blog Keren Rajabacklink

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan