Pendidikan Review

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Saat Sekolah Online

Di Indonesia, kasus positif COVID-19 kembali merangkak naik. Membuat beberapa sekolah kembali menerapkan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau dilakukan pergantian shift masuk untuk memutus rantai penyebaran virus.

Meski sudah pernah melakukannya, tidak ada salahnya kita mengetahui lagi hal-hal apa yang harus disiapkan ketika mengikuti sekolah online. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita siapkan dengan baik agar pembelajaran secara daring bisa berjalan lancar. Simak baik-baik, ya!

Siapkan Fasilitas yang Dibutuhkan

Ketika sekolah online, fasilitas yang kita butuhkan di antaranya ponsel, tablet atau laptop untuk terhubung dengan guru dan teman-teman lain secara online. Termasuk kuota internet yang memadai agar tidak mengalami kendala selama proses belajar.

Usahakan untuk memakai perangkat sesuai usia dan mudah dioperasikan sendiri dalam keadaan darurat. Misalkan, usia sekolah dasar. Maka, siapkan ponsel atau tablet yang ringan dan mudah untuk mereka operasikan.

Sesuaikan Jadwal dengan Aktivitas di Rumah

Kita harus memperhatikan jadwal sekolah online dengan baik, sebab ada beberapa sekolah online yang jamnya berlangsung berbeda dengan jam sekolah pada umumnya. Jangan sampai mengganggu kegiatan lain di luar sekolah.

Dengan begitum kita bisa menyesuaikan jadwalnya dengan aktivitas di rumah. Seperti membantu orang tua, bermain atau nongkrong bareng teman hingga me time agar tidak terlalu stres.

Buatlah Ruang Belajar yang Nyaman

Ketika melakukan sekolah online di rumah, terkadang ada saja gangguan di luar masalah lemot atau buffering. Seperti suara kendaraan lalu lalang, ayam peliharaan tetangga dan sebagainya. Oleh sebab itu, buatlah ruang belajar yang nyaman.

Baik di dalam kamar atau sudut rumah lain yang sekiranya tidak akan mendapatkan gangguan seperti contoh di atas. Jika di kamar, jangan duduk di tempat tidur karena bisa memicu rasa kantuk. Pertimbangkan pula cahaya yang masuk dan sirkulasi udara di ruangan, agar kita tidak merasa pengap selama belajar.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu disiapkan saat sekolah online. Seperti yang disinggung di atas, sekolah online membutuhkan jaringan internet yang stabil untuk mencegah terjadinya lemot dan semacamnya.

Jika di rumah tidak terpasang Wi-Fi, gunakan saja Live.On yang telah didukung jaringan internet stabil XL Axiata 4.5 GB. Banyak promo kuota internet juga yang membuat kita bisa mendapatkan kuota maksimal dengan harga minimal.

Tertarik? Yuk segera beli kartu perdana Live.On! Informasi selengkapnya bisa dilihat di liveon.id. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.