Mengulik Dampak Buruk Salah Jurusan Kuliah
Pendidikan Review

Mengulik Dampak Buruk Salah Jurusan Kuliah

Salah satu momen yang mengesankan dalam hidup adalah ketika lolos sebagai mahasiswa baru. Namun, ternyata saat ini masih banyak mahasiswa yang merasa salah mengambil jurusan  karena berbagai alasan. Nah, tes minat bakat ada untuk membantu pelajar memutuskan pendidikan yang tepat untuknya.

Perlu kita ketahui jika salah jurusan akan menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan. Hal ini karena kuliah harus kita tempuh selama 4 tahun dan waktu ini cukup lama jika kita menjalaninya dengan setengah hati.

Berikut ini ada beberapa dampak buruk yang bisa kita rasakan jika memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat. Simak ulasannya hingga tuntas, ya!

Sulit Meraih Prestasi

Banyak mahasiswa yang salah jurusan merasa kesulitan dalam meraih prestasi di bidang yang sedang mereka jalani. Walaupun memiliki segudang prestasi, kebanyakan pencapaian tersebut di ranah bidang lainnya.

Kita mampu berprestasi apabila bisa menikmati setiap prosesnya. Salah jurusan akan membuat kita kurang menyukai kegiatan perkuliahannya sehingga kita kurang menonjol.

Selalu Merasa Jenuh

Rasa jenuh atau bosan bisa menghinggapi kita jika terlanjur salah memilih jurusan kuliah. Kita akan kehilangan semangat untuk menyelesaikan  tugas atau menjalani proses belajar di kampus.

Hingga akhirnya, kita mempunyai rutinitas yang sebatas kuliah, makan, dan tidur hingga ujung-ujungnya sering tidak masuk kelas. Tentunya, hal ini berefek buruk bagi prestasi kita di bangku perkuliahan.

Merasa Kesulitan dalam Menyelesaikan Kuliah

Tekanan dan beban yang terasa selama perkuliahan akan membuat kita mengalami kesulitan untuk fokus. Tentunya, hal ini akan memberikan dampak besar bagi nilai akademis.

Apabila indeks prestasi yang kita capai beberapa semester berada di angka 2 atau kurang, maka bukan tidak mungkin kita akan kena Drop Out setelah menjalani pendidikan selama 6 tahun lebih.

Merasa Malas dan Tidak Percaya Diri Ketika Kuliah

Salah jurusan juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita, lho. Ketika merasa peluang untuk berprestasi dan berkembang sudah tutup, secara otomatis rasa percaya diri akan menurun.

Pastinya, hal ini akan berdampak pada mental kita. Mungkin kita akan sulit menghadapi kenyataan sehingga sering bolos kelas, menjauhkan diri dari teman kuliah, dan menghindari kegiatan kuliah.

Mencari Pelarian yang Salah

Salah memilih jurusan kuliah juga bisa memicu diri melakukan kegiatan yang tidak produktif dalam sehari-hari. Mungkin saja, kita lebih memilih menghabiskan waktu untuk menonton film dalam waktu yang lama, main game, atau pergaulan bebas.

Kita bisa menghabiskan waktu tanpa perhitungan karena yang terpenting diri sudah bisa lepas dari tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Nah, itulah beberapa kemungkinan yang bisa kita rasakan ketika terlanjur salah jurusan. Tentunya, hal ini bisa kita hindari dengan cara lebih cermat dalam memilih jurusan saat pendaftaran.

Untuk membantu kita menemukan jurusan yang tepat, kita perlu mengenal diri sendiri dengan baik. Kita harus mengetahui minat dan bakat diri sendiri agar lebih paham apa target hidup dan cara mencapainya.

Tertarik untuk tes minat dan bakat? Segera hubungi PT. Nirmala Satya Development. Perusahaan tersebut telah menyediakan layanan mengindentifikasi minat dan bakat berbasis online yang terdukung langsung oleh psikolog berpengalaman.

Dengan harga yang ramah di kantong, kamu bisa mendapatkan hasil tes atau psikogram yang dapat terakses dalam waktu 1 x 24 jam. Bersama NS Development, psikotes online bisa terlaksana dengan lebih fleksibel. Yuk, kunjungi nsd.co.id untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.