Beranda Info Menarik Menentukan Tenor Ideal Untuk Kredit Mobil

Menentukan Tenor Ideal Untuk Kredit Mobil

Ketika memutuskan untuk mengajukan kredit mitsubishi xpander,  tenor menjadi hal penting yang harus kamu tentukan. Banyak orang yang memilih tenor panjang karena nominal cicilannya menjadi rendah. Namun, banyak juga yang memilih tenor pendek agar beban cicilan segera selesai. Jadi sebenarnya, tenor mana ya yang paling tepat? Apa itu Tenor Kredit Mobil?

Tenor merupakan periode cicilan kredit kamu. Untuk kredit mobil biasanya tenor yang ditawarkan adalah 1, 3, 5 tahun tetapi bisa tergantung pada kesepakatan kedua belah pihak.

Tips Menentukan Tenor Kredit Mobil yang Ideal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tenor kredit yang lama artinya jumlah cicilan akan semakin kecil. Sementara tenor pendek akan membuat cicilan menjadi besar. Penyebabnya adalah jumlah pembagi pokok pinjaman yang menyebabkan angsuran pokok per bulannya menjadi lebih rendah saat tenor panjang.

Namun yang perlu kamu ketahui adalah, lamanya waktu yang kamu pilih untuk mencicil kredit berpengaruh terhadap jumlah bunga yang harus kamu bayar. Berikut penjelasannya:

Tenor Pendek

Tenor pendek akan membuat beban suku bunga menjadi kecil. Namun karena pembaginya kecil, maka secara otomatis angsuran pokok per bulannya akan besar. Ketika dikali dengan angsuran bunga per bulan, nominalnya akan tetap besar.

Namun, karena periode kredit cukup singkat membuat beban cicilan pada keuanganmu menjadi cepat selesai.

Tenor Panjang

Ketika kamu memutuskan untuk memilih tenor yang panjang, maka jumlah cicilan yang akan kamu bayar akan jauh lebih kecil. Sebab, jumlah pembagi pokok pinjamannya besar. Bahkan meskipun suku bunga yang dibebankan lebih besar, nominal cicilan bulanannya akan tetap kecil. Jadi untuk kamu yang memiliki penghasilan terbatas akan sangat terbantu jika mengambil tenor panjang.

Untuk penentuan tenor ini, pihak perusahaan pembiayaan biasanya akan menyerahkan padamu dalam penentuannya. Meskipun begitu, bukan berarti mereka menerima begitu saja tenor yang kamu ajukan. Mereka akan tetap menganalisa kondisi keuanganmu sebagai penentu kemampuan bayar untuk tenor yang kamu pilih. Jika dirasa memberatkan, maka perusahaan pembiayaan akan menawarkan tenor lebih lama jika ingin pengajuan kreditmu diterima.

Memang tenor pendek membuat periode waktu kamu memiliki utang semakin kecil. Namun kamu juga harus menyadari kondisi keuanganmu saat menentukan tenor pinjaman. Selamat hunting mobil impian dan semoga pengajuan kreditmu berjalan lancar!

List Blog Keren Rajabacklink

Komentar
Bagikan:

Iklan