Peran IT Support Dalam Pengembangan Inovasi Perusahaan
Info Menarik Review Teknologi

Peran IT Support Dalam Pengembangan Inovasi Perusahaan

Seiring dengan teknologi yang semakin maju, pekerjaan di bidang ini kini memiliki pengaruh yang besar di berbagai sektor apapun. Salah satunya adalah profesi IT Support atau Information Technology Support.

IT Support adalah bidang pekerjaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi dan juga software. Melihat dari tanggung jawabnya, sudah jelas pekerjaan ini tergolong sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Umumnya, latar belakang atau jenjang pendidikan untuk bisa bekerja dalam bidang ini minimal D3 atau S1 lulusan IT. Namun, ada juga perusahaan yang menerima siswa SMK dengan jalur pendidikan terkait.

Jenjang Karier IT Support

Sama halnya pekerjaan di bidang IT lain, bidang ini pun mempunyai jenjang yang sangat baik. Mulai dari computer system analyst, network support specialis dan juga help desk analyst. Tak perlu meragukan lagi soal jenjang karier. Sebab, pekerjaan dalam bidang IT tergolong bidang yang cukup memiliki prospek yang cerah.

Perusahaan yang Membutuhkan IT Support

IT Support saat ini sudah menjadi elemen krusial di setiap perusahaan. Oleh sebab itu, ada cukup banyak perusahaan yang membutuhkan seorang information technology support. Bahkan, hampir di berbagai bidang bisnis telah mengimplementasikan IT dalam perusahaannya.

Berikut ini beberapa perusahaan yang membutuhkan bidang pekerjaan IT Support, antara lain:

  • Perusahaan software
  • Perusahaan-perusahaan perbankan dan finansial
  • Elektronik
  • Perusahaan UKM dan bisnis besar yang telah menggunakan IT
  • Sekolah dan Universitas
  • Organisasi Publik
  • Dan lain-lain

IT Support di BRI (BRITECH)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sudah banyak perusahaan yang membutuhkan IT Support untuk mendukung perkembangan bisnis, termasuk perusahaan perbankan seperti BRI. Hal ini dikarenakan setiap pengembangan produk pasti melibatkan pemanfaatan teknologi dalam prosesnya.

Mulai dari perencanaan, pengembangan, peluncuran, hingga integrasi produk dengan pihak ketiga. Di mana, semuanya membutuhkan teknologi yang berbeda-beda sesuai fungsinya. BRI terus melakukan upaya pengembangan sistem IT untuk mendukung layanannya kepada para nasabah.

Ada tiga contoh kegiatan harian IT Support di BRI, yakni Programmer, IT Operational dan Quality Assurance Engineer. Programmer berkutat dengan bahasa pemrograman atau coding demi menciptakan sistem atau produk yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk IT Operational, bertugas di kegiatan operasional harian sebuah sistem atau produk. Mereka mempunyai daily task yang berisi tugas monitoring produk di hari tersebut. Sedangkan Quality Assurance (QA) Engineer, memiliki tanggung jawab dalam hal testing atau pengecekan setiap fitur dalam sebuah aplikasi.

Semua itu berada dalam naungan BRITECH, pusat inovasi teknologi BRI dengan lebih dari 100 engineer bersertifikasi Internasional. Banyak sekali lulusan luar negeri yang bergabung di BRITECH, mulai dari Stanford, MIT, Yale, UI, ITB, ITS dan masih banyak lagi. Hal ini membuat banyak sekali inovasi digitalisasi di BRI yang memudahkan para nasabah dalam bertransaksi secara online.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.