bisnis pulsa
Bisnis TipsTorial

4 Risiko dalam Bisnis Pulsa yang Wajib Diantisipasi

Riki Yasan BlogĀ  – Apapun bisnisnya, tak terkecuali bisnis pulsa, pasti memiliki risiko yang kemungkinan akan diterima oleh para pelaku bisnis. Risiko tersebut bukan untuk ditakuti, melainkan harus dihadapi dengan dewasa.

Segala keputusan yang diambil jangan sampai melupakan pertimbangan risiko tersebut. Dengan demikian, Anda akan mampu mengantisipasi terjadinya risiko itu. Untuk bisnis pulsa, berikut adalah empat risiko yang harus diantisipasi oleh para pelaku bisnis ini. Apa saja ya risikonya? Yuk langsung simak penjelasannya!

Hutang Pelanggan

Risiko satu ini sering dihadapi oleh para pebisnis jualan pulsa. Banyak sekali pelanggan yang memang ingin berhutang karena kondisi keuangannya. Namun, ada juga karena pelanggan itu adalah kerabat atau teman sendiri, membuat mereka selalu membujuk Anda untuk memberikan hutang.

Satu dua kali tidak masalah, tetapi kalau keseringan berhutang, bisnis pulsa Anda akan mengalami kerugian. Hal tersebut bisa dicegah dengan memasang informasi tidak menerima hutang atau memberikan tenggat pembayaran pulsa jika harus terpaksa berhutang.

Gangguan Jaringan

Selanjutnya adalah gangguan jaringan. Pelanggan pasti ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, contohnya pulsa yang masuk tidak terhambat dan tepat waktu. Maka, perhatikan kualitas jaringan Anda. Namun tak perlu khawatir, dengan menjadi reseller dropship di evermos, bisnis pulsa Anda akan lancar tanpa gangguan jaringan, karena aplikasi didukung teknologi terbaik.

Apalagi jika Anda sudah mampu memiliki server pulsa sendiri. Lakukan pemeriksaan secara berkala, karena jaringan yang lancar akan menunjang kelancaran dalam penjualan pulsa dan akan membuat pelanggan puas dengan pelayanan yang didapatkan.

Kesalahan Pembukuan

Kesalahan dalam pembukuan merupakan risiko ketiga yang sering dialami dalam berbisnis pulsa. Pembukuan ini meliputi penghitungan modal, pemasukan, hingga pendapatan yang dihasilkan dari bisnis tersebut.

Pembukuan menjadi hal yang sangat krusial, sebab jika salah tulis tentu akan berpengaruh bagi kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, pelajari cara melakukan pembukuan dengan benar atau bisa meminta bantuan dari profesional.

Kesalahan Transaksi

Dalam bisnis pulsa, juga rentan terjadi sebuah kesalahan transaksi. Biasanya, kesalahan tersebut berupa salah mengirim nominal pulsa atau salah memasukkan nomor handphone sehingga menjadi pulsa nyasar. Untuk mencegahnya, sebelum melakukan transaksi Anda harus memastikan lagi nomor handphone yang dituju sudah benar. Lalu, lakukan masukkan nominal pulsa dengan teliti agar tidak salah.

Dari penjelasan di atas, kira-kira ada empat risiko dalam berbisnis pulsa yang wajib untuk diantisipasi oleh Anda sebagai pelaku bisnis pulsa. Usahakan untuk meminimalisir risiko terjadinya risiko yang telah disebutkan, agar bisnis Anda bisa terus berjalan dengan lancar dan aman.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda yang sedang merintis atau sudah menjalankan bisnis pulsa. Ingat! Hadapi risiko dengan dewasa dan bijaksana, jangan takut duluan dan menghindar karena itu akan membuat bisnis Anda tidak akan bisa berkembang atau malah bangkrut. Sukses terus, ya!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *