fakta sehat dibalik opor ayam dan kandungan gizinya
Kesehatan Kuliner Review

Fakta Sehat Dibalik Opor Ayam dan Kandungan Gizinya

Siapa yang tidak tahu opor ayam? Menu makanan ini menjadi salah satu hidangan khas yang selalu ada di momen penting dalam tradisi masyarakat Indonesia. Rasa gurih dari daging ayam yang berpadun dengan santan, ditambah potongan ketupat atau nasi membuat opor ayam semakin nikmat untuk disantap.

Karena paling dinanti, opor ayam yang hanya ada di momen-momen tertentu membuat kita jadi lupa diri saat menyantapnya. Padahal, terlalu banyak makan menu ini bisa memicu kolesterol tinggi hingga risiko kesehatan lainnya.

Melansir dari FatSecret, database makanan dan penghitung kalori, berikut adalah rincian gizi yang terkandung dalam 100 gram opor ayam:

  • 163 kalori
  • 5,6 gram karbohidrat
  • 8,67 gram lemak
  • 16,53 gram protein

Namun, dibalik risiko makan opor ayam yang berlebihan, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa hidangan khas lebaran ini juga kaya akan gizi dan nutrisi, seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin dan juga selenium.

Penasaran apa fakta sehat dari hidangan berbahan dasar ayam ini? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mencegah Anemia

Bagi orang yang memiliki riwayat anemia atau kekurangan sel darah merah, biasanya akan mudah lelah dan tidak bisa beraktivitas secara maksimal.

Sebagai tindak pencegahan, penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan, salah satunya adalah daging-dagingan. Opor ayam dianggap memenuhi kriteria sebab terbuat dari daging ayam.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam porsi konsumsi yang normal, kandungan zat bezi dalam opor ayam ternyata bisa meningkatkan performa sistem kekebalan tubuh.

Daya tahan tubuh yang prima tentu akan melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Selain rasanya yang enak, hidangan ini pun bisa meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu bahan bumbu dari opor ayam adalah daun salam. Manfaat daun salam tidak hanya untuk memberikan sentuhan rasa lezat pada makanan, melainkan juga baik untuk kesehatan seperti mengurangi kadar gula, meredakan nyeri maag hingga melawan bakteri dan jamur dalam tubuh.

Meredakan Sariawan

Bahan bumbu lain yang gizinya bermanfaat adalah kemiri. Di mana bisa mengobati sakit gigi, meredakan sariawan, mengatasi infeksi jamur pada kulit dan mengurangi sembelit.

Meski mempunyai segudang manfaat, mengonsumsi opor ayam secara berlebihan juga tidaklah baik. Bagi yang ingin tahu resep opor ayam yang lezat dan pastinya sehat, bisa kunjungi laman dapurumami.com. Banyak resep makanan lainnya yang bisa menjadi referensi untuk santapan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.